Elin Online – Study Excursie (SE) sebagai kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Industri (Hima Elin) pada tahun ini kembali diselenggarakan. SE 2017 ini diikuti oleh mahasiswa tingkat dua Elin baik D3 maupun D4 yakni mahasiswa angkatan 2015. Dari 101 mahasiswa angkatan 2015, 80 mahasiswa mengikuti SE 2017 ini dengan didampingi dua orang dosen. SE 2017 yang diselenggarakan di bulan Januari ini telah menggunjungi dua tempat yakni di Pembangkit Jawa Bali (PJB) dan di PT.Sosro.

Pada dasarnya kegiatan SE ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswa tingkat dua di Elin. Selain itu, pada umumnya di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) hampir semua jurusan juga melakukan SE atau kunjungan industri. Dengan adanya kunjungan industri ini diharapkan mahasiswa dapat menggali ilmu yang ada pada sebuah industri dan kedepannya juga dapat mempersiapkan bagaimana Kerja Praktek (KP) yang akan dijalankan di semester 4 bagi prodi D3 serta semester 6 bagi prodi D4. Tidak hanya itu, dengan adanya kunjungan kerja ini diharapkan dapat menjadi sebuah ideyang dapat implementasikan sebagai Tugas Akhir (TA) di semester akhir nanti.

Berlangsung selama empat hari yakni 23-26 Januari 2017, SE 2017 ini dihari pertama (23/1) dibuka dengan sambutan dari Ir. Irianto,MT selaku koordinator SE 2017 yang membuka keberangkatan peserta di Gedung Pascasarjana PENS. SE 2017 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana juka pada tahun sebelumnya dilaksanakan SE dengan tempat tujuan ke arah barat yakni di Jawa Tengah, SE 2017 ini untuk pertama kalinya dilaksanakan ke arah timur yakni ke Pulau Bali. Dengan tempat tujuan pertama yakni di PJB UP Paiton yang merupakan tempat pembangkit. Bertempat di lantai 3 Ruang Administrasi PJB UP Paiton, kunjungan kerja ini dibuka dengan pemutaran video safety breafing yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Manager. Dalam sambutannya, beliau menuturkan bahwa PJB UP Paiton ini mensupply 20% listrik yang ada di Pulau Jawa, Bali dan Madura denga menggunakan bahan bakar batu bara dan air yang berasal dari sumber mata air. Hal ini berbeda dengan pembangkit pad umumnya yang menggunakan bahan bakar batu bara dan air laut. Di PJB UP Paiton air laut hanya digunakan sebagai pendingin peralatan pembangkit saja.

Dalam kunjungan kali ini juga terdapat alumni Elin 2010 yakni Fadil yang bekerja di PJP UP Paiton di bidang pemeliharaan listrik. Berlangsung sejak pukul 13.00 WIB, kunjungan ini ditutup dengan mengelilingi PJB UP Paiton dan selesai pada pukul 16.00 WIB. Setelah itu perjalanan menuju tempat kunjungan kedua yakni k PT. Sosro Bali di keesokan harinya.

Hari kedua (24/1) kunjungan kedua dilakukan di PT. Sosro Bali pada pukul 09.00 WITA.  Pada kunjungan kali ini ditunjukkan sejarah berdirinya PT. Sosro hingga ditunjukkannya produk apa saja yang telah dibuat oleh PT. Sosro. Tidak hanya itu, peserta SE 2017 juga dipersilahkan untuk mengelilingi pabrik dan ditunjukkan proses pembuatan teh hingga pengemasannya. Tidak hanya itu, dalam kunjungan industri ini juga ditunjukkan pengolahan limbah teh yang diolah sehingga airnya dapat digunakan untuk menyiram tanaman disekitar pabrik ataupun untuk mengairi kolam ikan. Dengan hal tersebut air limbah tersebut tidak mencemari lingkungan sekitarnya. Dari kedua kunjungan industri ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk mahasiswa Elin kedepannya. (meg)

13857total visits,1visits today

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *